0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Masuknya Kader Partai, PPK Perketat Seleksi PPS

KPU Sukoharjo melantik 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo melantik 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di salah satu hotel, Solo Baru, Rabu (1/11). Diharapkan para anggota PPK segera melakukan rekrutmen PPS dan tetap menjaga independensi dalam menjalankan tugasnya.

“Saya tekankan dalam tes wawancara agar nantinya anggota PPK tetap menjaga independesni dalam mlaksanakan tugasnya membantu KPU. setiap anggota tidak boleh berpihak kepada partai politik maupun kelompok manapun,” kata Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, rabu (1/11).

PPK menjadi kepanjangan tangan dari KPU Kabupaten untuk mengawasi jalannya Pilgub ‎di tingkatan kecamatan, sehingga harus berdiri sendiri dalam melaksanakan Pilgub 2018. Jika anggota PPK atau PPS nantinya tidak bisa menjaga independensi, dipastikan sifat jujur dalam penyelenggaraan pemilu akan hancur.

Dalam waktu dekat, PPK harus bersiap untuk merekrut Petugas Pemungutan Suara (PPS) dengan melakukan penjaringan yang benar-benar independen. Selain itu, pada bulan Desember mendatang seluruh anggota PPK diminta membantu KPU dalam menyiapkan sosialisasi dan tahapan terkait pendaftaran Pilgub.

“Rekrutmen PPS harus ketat untuk mengantisipasi masuknya kader partai politik ke dalam anggota PPS, selain itu juga harus di perhatikan kredibilitas dari tiap pendaftar. Dan dipastikan dalam bulan Desember partai politik akan sibuk untuk menjalin koalisi guna pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge