0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen Poltekkes Semarang Raih Doktor ke 11 UMS

Dosen Poltekkes Semarang, Sutrisno ujian doktor di UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Pelimpahan tindakan medik menghantar dosen Poltekkes Semarang, Sutrisno meraih doktor ke 11 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sutrisno dinyatakan lulus dengan IPK 3,7 berpredikat Sangat Memuaskan, setelah berhasil mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Rektor UMS Dr Sofyan Anief MSi, di Kampus Pascasarjana UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (1/11).

“Disertasi yang kami ajukan berjudul Pelimpahan Tindakan Medik Dokter Kepada Perawat: Studi Perlindungan Pasien Kepada Layanan Kesehatan,” jelas Sutrisno.

Sutrisno mengatakan, kesimpulan dari hasil penelitian disertasi antara lain, pelimpahan tindakan medik dokter terhadap perawat khususnya pada fasilitas kesehatan yang ada di kota Semarang masih berorientasi pada kepentingan bersama antara dokter dengan perawat saja, kurang memperhatikan kepentingan pasien. Dengan kondisi ini, maka pelimpahan tindakan medik dokter terhadap pasien tersebut kurang memberikan perlindungan hukum kepada pasien.

Kesimpulan lain, kata Sutrisno, konsep pelimpahan tindakan medik dokter pada perawat dibuat berdasarkan kolaborasi profesional antara dokter dengan perawat. Selain itu, konsep tersebut harus mengakomodasi kepentingan bersama dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya serta kepentingan pasien.

“Kepentingan pasien terutama kepentingan hak-hak pasien perlu diperhatikan mengingat pelimpahan wewenang dokter kepada perawat melalui kolaborasi tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban hukum dokter dan perawat pada pasien yang apabila dilakukan secara bertanggung jawab dapat memberikan perlindungan hukum pada pasien,” jelasnya.

Sutrisno mengungkapkan, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan dan kuisioner/angkat terhadap dokter spesialis dan dokter hukum serta perawat baik di RSU pemerintah, RSU swasta, Puskesmas dan Klinik Dokter Bersama di Kota Semarang.

…….

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge