0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

40 Jamaah Haji Indonesia Belum Pulang ke Tanah Air

Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Ronny Franky Sompie menyebut adanya 40 jemaah haji asal Indonesia yang hingga saat ini belum pulang ke Tanah Air. Informasi tersebut berdasarkan data kepergian dan kepulangan yang diterima dari Kementerian Agama.

“Tahun ini 40 jemaah haji yang belum kembali (ke Indonesia), sesuai dengan data kepergiannya. Tapi data itu bisa ditanyakan ke Kementerian Agama. Karena yang membantu penyelenggaraan haji ini kan Kementerian Agama,” kata Ronny Franky Sompie di Kantor Imigrasi Klas I Malang, Selasa (31/10).

Ronny mengatakan pihaknya tidak mengetahui aktivitas para jemaah tersebut usai menjalankan ibadah haji. Sebab, fungsi Imigrasi sendiri tidak sampai ke sana, karena lebih fokus pada perekaman data.

“Kita hanya menerima data dari Kementerian Agama tentang belum pulangnya jemaah haji,” tegasnya.

Meski demikian, Ronny mengatakan tidak masalah dengan keberadaan warga negara Indonesia di luar negeri, tetapi pemerintah memiliki tugas untuk melindungi warganya. Seandainya terjadi sesuatu, pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk perlindungan.

“Tugas pemerintah melindungi warganya, contoh kalau passport hilang atau bagaimana, kita beri keterangan laksanakan passport untuk perjalanan pulang,” jelasnya.

Ronny berharap, belum pulangnya para jemaah haji itu karena menambah perjalanan wisata saja. Sebab, biasanya, banyak jemaah yang tak langsung pulang namun berlibur di Arab Saudi.

“Mudah-mudahan mereka hanya tambah perjalanan untuk wisata sebelum balik,” tegasnya.

Dia berharap para jemaah yang tak pulang ke tanah air tersebut untuk tak menyalahgunakan visanya. Dia mencontohkan tak boleh mereka mencari kerja karena visa dibuat untuk ibadah haji.

Sementara itu, dia belum dapat memastikan apa penyebab para jemaah itu belum pulang karena Kementerian Agama belum memberikan penjelasan.

“Belum ada penjelasan (dari Kemenag) Apalagi pasca haji kan baru saja. Kita belum dapat kejelasan, apakah bekerja atau belum pulang saja,” tegasnya. [rzk]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge