0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Sejarah “Trick and Treat” Dalam Perayaan Halloween

Labu. (Dok: Timlo.net/ Google Images. )

Timlo.net—Dalam perayaan Halloween, anak-anak kecil akan memakai beragam kostum. Lalu mereka akan berkeliling ke para tetangga mereka, mengetuk pintu dan meminta permen atau makanan. Kebiasaan ini di dunia Barat disebut “Trick and Treat”. Bagaimana kebiasaan ini muncul dan apa latar belakangnya?

Perayaan Halloween sendiri berasal dari tradisi Celtic untuk merayakan akhir tahun dengan berpakaian sebagai roh jahat. Orang-orang Indo Eropa itu percaya jika dalam perpindahan tahun, dunia orang mati dan orang hidup akan saling tumpah tindih. Setan dan roh orang mati bisa berkeliaran di bumi lagi. Jadi berpakaian seperti setan dianggap sebagai cara melindungi diri, tulis Smithsonianmag.com. Jadi bila orang Celt berpapasan dengan setan pada 31 Oktober, setan itu akan beranggapan jika orang Celt itu adalah salah satu dari mereka.

Tradisi ini diubah oleh Gereja Katolik. Perayaan ini dinamakan “All Hallows Eve”, “All Soul’s Day” dan “All Saints Day”. Pada masa itu, orang-orang berpakaian seperti orang suci, malaikat dan sebagian kecil sebagai setan.

Sementara tradisi “trick and treat” muncul pada abad pertengahan. Anak-anak dan orang dewasa yang miskin memakai kostum. Mereka berkeliling dari rumah ke rumah selama Halloween. Biasanya mereka meminta makanan atau uang sebagai ganti lagu dan doa yang dipanjatkan untuk orang yang sudah mati. Lagu dan doa ini disebut “souling” dan anak-anak yang bernyanyi dan memanjatkan doa disebut “soulers”.

Tradisi ini sempat berhenti lama terutama pada Perang Dunia II. Karena perang, persediaan gula menipis sehingga tidak ada permen dan makanan untuk dibagikan. Pada 1920-an hingga 1930-an, tradisi ini muncul kembali.  Orang Inggris rupanya benci Halloween. Dalam sebuah survei pada 2006, sebagian warga Inggris lebih memilih mematikan lampu di rumah dan berpura-pura tidak berada di rumah saat Halloween.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge