0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

TimloMagz

Kunci Sukses dalam Berbisnis, Jatuh Bangun Itu Biasa

Joshua Nuryanto (foto: Catur)

Solo – Perjalanan hidup manusia menjadi rahasia Tuhan. Inilah yang dirasakan oleh Joshua Nuryanto. Kerja keras dia selama ini membuatnya jadi pengusaha yang mumpuni.

“Hidup saya ibarat roda yang berputar, pernah sekali di atas. Tapi, mendadak turun di bawah. Itu sudah saya rasakan,” kata Joshua saat bincang santai dengan TimloMagz di kediamannya di Jalan Kalingga Timur, Kadipiro, Banjarsari, Solo baru-baru ini.

Lahir dari keluarga pas-pasan, tak membuat dirinya patah semangat. Kerasnya kehidupan jalanan hingga menjadi seorang pembantu, pernah dia lalui saat usianya masih belasan tahun.

Upaya ini dia lakukan, semata-mata untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan dirinya yang masih duduk di bangku SMK. Berjalannya waktu, tak lantas membuat dirinya menyerah. Akan tetapi, Joshua muda selalu menyelami diri tentang kemampuan yang dimiliki.

“Saat itulah, seakan menjadi titik balik bagi saya. Di sela waktu sekolah, saya mencoba untuk kerja paruh waktu membawa acara jadi MC. Awalnya dari teman keluarga kenalan di pesta ulang tahun atau sunatan, lama-lama kok enak terus saya lakoni hingga beberapa tahun,” kata Joshua sambil menerawang jauh mengingat masa lalunya.

Usai lulus SMK, Joshua muda mencoba peruntungan dengan membuka even organizer (EO). Awalnya, usaha yang dirintis tersebut sempat menunjukkan keberhasilan. Namun semua musnah dalam sekejap setelah terjadi masalah keuangan. Seluruh upaya yang dirintis mulai dari nol hilang sekejap.

“Tahun 2007 awal, tahun yang suram bagi saya. Setelah empat tahun berjalan membangun sesuatu, semua hilang sekejap mata. Bahkan, saya nyaris frustasi dengan keadaan tersebut,” kata pria 36 tahun ini.

Namun dia tidak menyerah. Joshua kembali membangun impiannya kembali. Kegagalan sebelumnya dia jadikan sebagai pondasi kuat untuk membangun bisnis serta jaringan yang saat ini sukses di Kota Bengawan.

Seiring berjalannya waktu serta banyak belajar dari pengalaman, dia kembali memberanikan diri mendirikan jasa entertainment bernama “Joshua Production”. Tak tanggung-tanggung, upaya yang dibangun dengan modal keyakinan ini langsung membuka sejumlah jasa. Mulai dari MC, dekorasi, hiburan, souvenir, dancer, DJ, pagar ayu dan masih banyak yang lain.

Tak jarang, usaha yang menyasar pada jasa penyelenggaraan pesta ini mendapat respons positif dari para pelanggannya yang puas dengan pelayanan yang diberikan.

“Akhir 2017 saya mulai bangkit dengan melihat peluang yang menjanjikan di bidang jasa penyelenggaraan pesta. Apalagi, usaha ini juga tak jauh dari bakat yang saya miliki. Dengan bekal keyakinan, saya beranikan diri kembali bangkit,” terang bapak satu anak ini.

Puji Tuhan, dengan ketekunan dan kerja keras selama ini Joshua Production yang dia rintis akhirnya membuahkan hasil. Kristal keringat dan semangat pantang kenal lelah itupun kini membuahkan hasil yang manis.

Dia selalu bersyukur dan ingat untuk berbagi terhadap sesama. Keberhasilannya saat ini tak lepas dari buah kegagalan dan pengalaman yang pernah dia alami sebelumnya.

“Saya sangat bersyukur dengan apa yang telah diberikan Tuhan pada saya dan keluarga,” ungkap Joshua.

Memanjakan Pelanggan Setia

Awal dia mendirikan bisnis, belum banyak kompetitor di bidang jasa penyelenggaraan pesta. Namun kini persaingan makin kompetitif. Dengan mengusung tagline Mengubah Hal Biasa, Menjadi Luar Bisa, membuatnya mampu bertahan dalam kerasnya persaingan bisnis.

“Saya orangnya simple, apa yang konsumen minta saya berikan yang terbaik untuk mewujudkan keinginannya. Termasuk memberikan pelayanan lebih dengan motivasi merubah hal biasa menjadi luar biasa,” ungkap Joshua membeberkan sedikit rahasianya.

Soal banyaknya kompetitor, dia punya prinsip sendiri. Dengan adanya kompetitor dia bisa melihat kelemahan diri sendiri. Berkaca dari itu, dia terus berbenah dan belajar.

“Dengan adanya kompetitor tersebut, kita makin tahu kelemahan bisnis yang kita bangun. Sehingga, harus cepat disadari agar melesat lebih cepat lagi,” pungkas Joshua.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge