0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awasi Dana Desa, Pemkab Gendeng Polres

Penandatangan MOU pengawasan pelaksanaan dana desa antara Pemkab dan Polres Boyolali di Gedung Putih (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Untuk mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan dana desa, Pemkab Boyolali mengandeng Polres untuk melakukan pengawasan. Kerjasama diwujudkan dalam bentuk MoU di Gedung Putih, Kantor Bupati Boyolali, Selasa (31/10).

“MoU ini sebagai langkah mengawal dan pengawasan terhadap pelaksanaan dana desa,” kata Wakil Bupati Boyolali, Said Hidayat.

Dilibatkanya Polres dalam pengawasan Dana Desa, diharapkan bisa menciptakan energi positif dan memacu para kepala desa untuk terus memperbaiki pengelolaan dana desa. Meski masih ada laporan keterlambatan pelaksanaan dana desa, namun Boyolali masih aman dari penyimpangan penyelewengan.

“Tapi pada intinya pelaksaan dana desa di Boyolali masih berjalan cukup baik,” imbuhnya.

Dijelaskan, desa harus terus melakukan pembenahan dalam pelaksanaan dana desa. Sesuai instruksi bupati, desa diperintahkan membuat perencanaan yang baik dan disertai masterplan.

“Kita sudah petakan desa mana saja yang perencanaanya sudah baik,nanti kita minta untuk ditularkan ke desa lainnya,” ujarnya.

Sementara itu menurut Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi, pihaknya hanya melakukan pendampingan terkait perencanaan, pelaksanaan, ketepatan anggaran, hingga pertanggungjawaban dana desa.

“Untuk memudahkan pengecekan, kita dorong kepala desa untuk membuat informasi grafis,” ujar Kapolres.

Dijelaskan, hal terpenting dari MoU dengan Pemkab terkait pengawasan dana desa, jika nantinya ada temuan dan indikasi penyimpangan, Polri tidak serta merta melakukan penyidikan, melainkan melakukan koordinasi dengan Inspektorat untuk melakukan kroscek.

“Kalau terbukti ada penyimpangan, maka proses hukum akan diberlakukan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge