0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dianggap Membahayakan, Warga Desak Tower BTS Dibongkar

Tower di Kawasan Kampung Kenteng RT04/ RW07 Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Warga di Kawasan Kelurahan Semanggi RT04/ RW07, Pasar Kliwon, Solo mendesak pihak pengelola tower BTS di area mereka segera dibongkar. Selain ijin pendirian tower sudah kadaluarsa, masyarkat juga khawatir jika terjadi hal tidak diinginkan mengingat sudah banyak karat di tower tersebut.

“Lihat saja kondisinya, kabel sudah banyak yang rusak. Besi tower juga berkarat. Apalagi, kawasan ini kerap digunakan untuk main anak-anak. Kami khawatir jika terjadi hal tidak diinginkan,” terang warga Kampung Kenteng RT04/ RW 07 Kelurahan Semanggi, Sarjoko (45), Selasa (31/10).

Menurutnya, segala cara telah mereka lakukan dengan mendatangi pihak terkait termasuk mengeluhkan hal tersebut kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Akan tetapi, upaya yang dilakukan mereka selalu gagal dan pihaknya serasa diping-pong oleh pihak terkait.

“Kami sudah nyurati Satpol PP hingga PLN. Tapi, tetap saja tower masih beroperasi,” keluhnya.

Bersama warga sekitar, Sarjoko menumpahkan uneg-uneg mereka terkait keberadaan tower BTS kepada Anggota Komisi I DPRD Kota Solo. Bahkan warga juga menceritakan bentuk-bentuk intimidasi yang mereka terima dari sejumlah pihak terkait usaha mereka membongkar tower.

“Paling parah kalau pas hujan. Pasti timbul suara bising yang sangat mengkhawatirkan. Apa harus nunggu ada korban dulu baru tower bias diusut ijinnya,” kata Sarjono.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi I DPRD Kota Solo, Abdullah AA mengaku, masalah tower tersebut harus segera diselesaikan oleh Pemkot. Jangan sampai, warga terkena imbas dari bangunan tower tak berijin tersebut.

“Setahu kami, ijin pendirian pertama adalah PT Bakrie Telkom. Tapi, sepertinya sudah dipindahtangankan. Dan, karena memang sudah tidak memberikan manfaat bagi warga ya harus dibongkar,” terang Abdullah.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge