0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nikon Tutup Pabrik di Cina, Salahkan Smartphone

Nikon Coolpix A900. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Apakah smartphone kita punya potensi untuk menggantikan kamera digital? Mungkin untuk keperluan memotret sehari-hari, kamera smartphone kita bisa melakukannya. Bahkan ada beberapa smartphone yang memiliki kamera yang bisa menghasilkan fotografi yang luar biasa.

Sayangnya, untuk para produsen kamera, hal ini menimbulkan dampak negatif untuk bisnis mereka. Nikon baru-baru ini mengumumkan mereka akan menutup pabrik kamera digital mereka di Provinsi Jiangsu, Cina. Menurut Nikon, semakin populernya smartphone membuat permintaan kamera digital menurun. Oleh karena itu, mereka memutuskan menutup pabrik itu.

“Dalam beberapa tahun ini […] karena naiknya permintaan smartphone, pasar kamera digital compact telah menyusut dengan cepat, menyebabkan penurunan operasi yang signifikan di [Nikon Imaging (Cina)] dan menciptakan sebuah lingkungan bisnis yang sulit,” tulis Nikon dilansir oleh Ubergizmo.

Penutupan pabrik itu bukan berarti Nikon bermasalah. Kamera DSLR Nikon masih tetap terjual dengan baik. Mereka juga memiliki pabrik-pabrik lain di dunia. Tapi penutupan pabrik Nikon di Cina mengungkap dampak negatif kepopuleran smartphone. Semakin banyaknya smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni, membuat bisnis kamera semakin sulit berkembang.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge