0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gedung Baru Satpol PP Representasi Fungsi Penegakan Perda

Aparat Satpol PP berfoto di gedung barunya bersama Bupati Juliyatmono (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Berada di pusat keramaian, aparat Satpol PP yang bermarkas di sana dituntut lebih siap bergerak. Kawasan tersebut memiliki obyek pengawasan dan penegakan Perda lebih kompleks.

Kantornya sudah gagah, representatif. Performance pemerintah ada disitu, pakaian Dinas Satpol PP tampil sebagai wajah pemerintah, kata Bupati Juliyatmono di acara peresmian kantor Satpol PP di kompleks perkantoran Cangakan, Senin (30/10).

Di markasnya itu, bupati meminta operasional nonstop 24 jam dengan sistem pergantian shift. Ia sengaja memilih lokasi strategis bangunan menghadap dua muka jalan. Di arah barat langsung bisa melihat suasana di alun-alun Karanganyar. Letak strategis di kompleks perkantoran Cangakan memudahkan aparat mengakses seluruh titik rawan pelanggaran perda. Misalnya kenakalan remaja, pesta miras, perjudian hingga sterilisasi PGOT di kawasan pusat keramaian itu.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulato mengatakan pembangunan gedung dua lantainya terbagi secara proporsional. Petugas di sana menangani penyidikan tipiring. Sedangkan unit pemadam kebakaran dititipkan ke kompleks kantor bupati yang memiliki tempat parkir representatif. Adapun unit-unit lainnya bermarkas di gedung baru, antara lain Unit Bolang, Kalong, Resik, Kunang-kunang, Panther, Siaga dan Welas.

Masing-masing unit tugasnya berlainan. Unit resik untuk membersihkan reklame. Kunang-kunang menertibkan miras dan PSK, Welas mengangkut PGOT dan Siaga untuk kebencanaan, katanya.

Dulu, Satpol hanya 45 personel. Merujuk tugas tribumtranmas, di peraturan Mendagri No 60 tahun 2012, disimpulkan butuh tambahan personel sampai 350. Sampai sekarang dengan digabungnya Damkar ke Satpol PP, maka kita memiliki 225 pegawai.Sebanyak 78 PNS dan 150 tenaga harian kontrak,” katanya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge