0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angka Partisipasi Pemilu 2018 Diprediksi Tak Maksimal

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho (timlo.net/raymond)

Karanganyar – Gerakan sadar pemilu perlu dilaksanakan secara berkesinambungan, terutama bagi kalangan perantau. Kalangan tersebut diprediksi menyumbang angka golput cukup tinggi pada pemilu.

“Pilkada sebelumnya, partisipasi hanya 61 persen. Ini cukup rendah. Kami ingin warga Karanganyar punya hak pilih dan bisa menggunakan. Kami upayakan kerso rawuh dan menggunakan hak pilih. Ternyata, mereka tidak datang ke TPS karena sedang merantau,” jelas Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, kepada wartawan di sela jalan sehat Sadar Pemilu di CFD Karanganyar, Minggu (29/10) pagi.

KPU memprediksi angka partisipasi pemilu pada Pilkada serentak tahun 2018 tak sampai 90 persen. Selain dipicu aktivitas para perantau, juga akibat problem administrasi kependudukan. Masih terdapat warga di perumahan wilayah Karanganyar bukan ber-KTP Karanganyar. Misalnya di Gondangrejo, Colomadu dan Jaten.

Dikatakannya, koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) terkait persoalan administrasi kependudukan merupakan hal mutlak. Terutama warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik dan akan berusia 17 tahun hingga 27 Juni 2018.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge