0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada 2018, Fasilitas Disabilitas Siap

Mat Nawir (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Komisi Pemilihan Umum( KPU) Wonogiri mengklaim bahwa fasilitas bagi kaum disabilitas dalam Pilkada serentak 7 Juni 2018 mendatang sudah dipersiapkan. Bahkan, salah satunya yaitu templete bagi tuna netra disediakan di setiap TPS.

“Sudah ada, setiap satu TPS nanti akan kita sediakan satu templete surat suara,” beber Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir saat dikonfirmasi Timlo. Net disela- sela acara jalan sehat” Gerakan Sadar Pilkada Serentak 2018” di Stadion Pringgondani, Minggu (29/10).

Akses jalan bagi penyandang disabilitas lainnya sudah dipersiapkan. Bahkan, sejak helatan Pilkada beberapa tahun lalu, KPU Wonogiri sudah memfasilitasinya. Fasilitasi bagi penyandang disabilitas merupakan upaya mendulang partisipasi kalangan penyandang disabilitas.

Mat Nawir melanjutkan, pemilih bagi difabel harus ada kesamaan hak yang setara dalam proses pendataan pemilih. Selain itu, difabel juga harus bisa mengakses informasi terkait seluruh tahapan pemilukada.

“Juga nantinya tersedianya sarana dan prasarana yang aksesibel di setiap arena politik seperti TPS sesuai dengan aturan berlaku. Yang jelas, dimana ada pemilih difabelnya nanti akan dibuatkan TPS yang memudahkan difabel masuk ke bilik suara,” bebernya.

Sementara itu, terkait Daftar Pemilih Tetap( DPT), Mat Nawir belum berkenan membeberkan. Hanya saja, KPU hingga saat ini masih dalam tahapan untuk melakukan pemutakhiran data pemilih termasuk data base difabel dan sekaligus tempat pemungutan suaranya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge