0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Desa Ajak Pemuda Awasi Penggunaan Dana Desa

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, kemeja putih, saat di Klaten (foto: A Wijaya)

Klaten – Kementerian Keuangan telah mengalokasikan Dana Desa Rp 701,1 triliun sejak tahun 2015. Penyaluran dana ke 74.754 desa itu jumlahnya berbeda- beda, diukur berdasarkan kemampuan masing-masing pemerintah desa.

“Ini perlu diawasi kita bersama. Diharapkan para pemuda dapat menjadi pionir di desanya masing-masing untuk mengawasi dan memanfaatkan Dana Desa,” kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo di Klaten, Sabtu (28/10).

Dikatakan, Dana Desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan di Indonesia. Upaya tersebut juga meningkatkan aspek pemerataan pembangunan dengan menerapkan desa sebagai fokus dan locus pembangunan.

Mengingat hal itu, Kementerian Desa PDTT menerjemahkannya melalui empat program unggulan. Salah satu yang digalakkan ialah Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dengan menentukan produk unggulannya dan fokus mengembangkannya.

“Disamping Prukades, tiga program unggulan lainnya sebagai upaya percepatan pembangunan desa adalah mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa,” papar Eko.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge