0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Wayang Dunia, ISI Gelar Sejumlah Even

Ketua panitia I, Dr. Sugeng Nugroho, S.Kar., M.Sn (foto: Tyo Eka)

Solo – Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta bakal menggelar peringatan Hari Wayang Dunia 2017. Rangkaian kegiatan peringatan Hari Wayang Dunia akan berlangsung tanggal 7 – 9 November 2017, diantaranya Lomba Mewarnai dan Menggambar Tokoh Wayang untuk kategori TK dan SD, Pagelaran Wayang, Pameran Wayang-Wayang Lawas Koleksi Para Dalang, Pameran Buku Wayang, dan sejumlah even lain.

“Tema kali ini Wayang dan Penguatan Kebhinnekaan Bangsa,” jelas Ketua Panitia I Hari Wayang Dunia III, Dr. Sugeng Nugroho, S.Kar., M.Sn kepada wartawan, di Kampus ISI Surakarta, Sabtu (28/10).

Sugeng mengemukakan, adanya pengakuan wayang sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, selaku akademisi seni dan pelaku seni perlu menumbuh kembangkan agar tetap lestari keberadaannya dan terus berkembang sesuai dengan situasi zaman serta perkembangan budaya bangsa.

Tujuan digelarnya Hari Wayang Dunia ke III tahun 2017, menurut Sugeng, diantarnya, adalah mangayubagya ditetapkannya wayang Indonesia sebagai warisan budaya yang telah diakui oleh dunia; memberikan apresiasi kepada masyarakat tentang berbagai ragam seni pertunjukan dan seni rupa wayang yang dimiliki oleh bangsa Indonesia; ​memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai kehidupan yang tersirat dalam seni pewayangan.

Selain itu juga memberikan solusi alternatif bagi upaya pembangunan ketahanan bangsa yang dapat memperkuat jatidiri bangsa menuju negara yang adil makmur dan sejahtera; menumbuhkan pemikiran kritis para dalang, budayawan, dan pemerhati wayang terhadap genre wayang Indonesia.

“Dan melestarikan dan mengembangkan seni pertunjukan wayang sebagai aset budaya bangsa Indonesia dan dunia sesuai dengan keputusan UNESCO,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge