0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KNPI Ingatkan Pemuda Jangan Mau Menjadi Komoditi Politik

(foto: Putra)

Sukoharjo – Hari Sumpah Pemuda diperingati dengan apel lintas pemuda dan pagelaran pentas seni dari berbagai sekolah yang ada di Sukoharjo. Dengan mengambil tema Berani dan Bersatu, diharapkan pemuda dapat mengambil perannya sebagai diri sendiri dan jangan sampai menjadi komoditi politik.

“Tema kita kali ini Berani dan Bersatu, maksudnya adalah pemuda harus berani menjadi diri sendiri tidak terpengaruh kepada kepentingan yang ingin menunggangi. Selain itu, pemuda dari segala elemen harus bersatu dan jangan sampai menjadi alat politik,” kata Ketua KNPI Sukoharjo, Dina Putri, Sabtu (28/10).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda diawalai dengan mengeglar apel yang diikuti 1.500 orang dari berbagai elemen kepemudaan dan instansi pemerintah. Acara dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya dengan menampilkan kreasi seni siswa seperti tari, paduan suara hingga pencaksilat sebagai lambang keragaman yang bisa bersatu.

Diharapkan dengan acara yang dikemas mengandung unsur seni dan budaya, bisa menjadikan pemuda lebih berani untuk menerima perbedaan untuk bersatu sebagai bangsa Indonesia. Pasalnya, dengan kondisi saat ini, pemuda rentan menjadi alat maupun komoditi yang bisa disalahgunakan oleh kepentingan politik.

“Ini tahun ke dua kita menggelar apel dan pentas seni dan yang saya tahu satu-satunya KNPI di Jawa Tengah yang mengemas acara sumpah pemuda dengan seperti ini. Dan kita melibatkan sekolah sekolah untuk menampilkan kreasinya dalam setiap event sumpah pemuda,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge