0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngengat Berbentuk Menyeramkan Ini Buat Geger Warganet

Ngengat menakutkan. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Sebuah serangga dengan sayap aneh membuat warganet di Indonesia geger. Bila dilihat sekilas, serangga itu mirip dengan makhluk menyeramkan dalam game “Resident Evil”. Seorang pria Indonesia menemukan serangga itu di rumahnya.

Dia mengambil foto dan video serangga itu dan mengunggahnya di akun Facebooknya dengan nama pengguna Gandik. Gandik sendiri berasal dari Semarang. “Nmbe tumon kupu macem kie,” tulisnya.  Video itu dibagikan lebih dari 200 ribu kali dan dikomentari lebih dari 40 ribu kali dalam seminggu. Karena ngengat itu jarang terlihat, sebagian besar pengguna mengungkapkan perasaan seram dan jijik mereka.

Rupanya serangga itu adalah sejenis ngengat yang disebut Creatonotos Gangis. Ngengat itu ditemukan di Asia Tenggara dan Australia Selatan. Menurut sebuah halaman yang dibuat khusus untuk serangga itu, yang membuat serangga itu menakutkan adalah sayap bulu tambahan. Sayap itu berasal dari bagian perut bawah. Dalam dunia Creatonotos, sayap yang dianggap menakutkan itu sebenarnya bertujuan untuk menarik lawan jenis.

“Ciri khas ngengat yang membuat orang takut adalah sayap besar yang muncul dari perut Creatonotos; sayap itu adalah organ yang mengeluarkan bau. Organ itu disebut coremata. Coremata (pensil rambut) memproduksi pheromone hydroxydanaidal untuk menarik lawan jenis,” tulis situs itu dilansir oleh Nextshark. Walau terlihat menyeramkan, serangga itu sebenarnya tidak berbahaya untuk manusia. Jika Anda menemukannya berada di dalam rumah, tidak usah panik.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge