0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Buah Kesemek Ini Dibeli Seharga Rp 60 Juta

Buah kesemek. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Dua buah kesemek yang dipanen di Jepang tengah baru-baru ini dijual dalam lelang pertama musim ini. Harganya keduanya mencapai 540 ribu yen (Rp 64 juta). Dua buah itu ditanam di wilayah Gifu semala lebih dari 10 tahun. Bibit tanaman sendiri dipilih secara khusus. Setelah panen, keduanya bersama buah kesemek lainnya dijual di pasar lokal pada 26 Oktober, tulis the Japan Times.

Apa alasan hingga harga keduanya begitu mahal? Menurut koperasi pertanian lokal, keduanya renyah dan mengandung gula hingga 18 persen. Sementara kandungan gula buah kesemek lainnya hanya sekitar 16 persen.

“Cuaca sangatlah buruk tahun ini, tapi para petani berusaha membuat buah kesemek itu sangat manis,” kata seorang pengurus koperasi.

Buah kesemek itu bersama hasil panen lainnya dikatakan memiliki kandungan gula yang lebih besar dari 25 persen. Buah-buah ini dijual di jaringan toko Matsuzakaya di Nagoya, Jepang. Paling tidak ada 2 ribu buah diharapkan dipasarkan pada awal November 2017.

Warga yang ingin membeli buah hasil panen itu secara langsung bisa menyiapkan uang mulai dari 1000 yen (Rp 100 ribu) untuk harga satu buah. Sementara buah kesemek berkualitas tinggi djual senilai 10 ribu yen (Rp 1 juta) per tiga buah.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge