0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

APBD Perubahan 2017 Gelontor Rp 25 Miliar Bankeudes  

Sekda Karanganyar, Samsi (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar mengucurkan Bantuan Keuangan Desa (Bankeudes) bersumber APBD perubahan 2017 Rp 25.085.000.000 ke 137 desa di 16 kecamatan. Penyalurannya menyasar pembangunan sarana dan prasarana di desa.

Untuk proyek sarana dan prasarana dialokasikan 5 persen. Jangan dibuat beli seragam apalagi aksesori. Apabila draft proposal ada perubahan, segera ditindaklanjuti sebelum dikumpulkan,” kata Sekda Karanganyar, Samsi di hadapan peserta sosialisasi Bankeudes APBD perubahan 2017 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (26/10).

Ia berharap Pemerintah Desa dapat memanfaatkan dana bankeudes tersebut sesuai dengan proposal yang telah diajukan. Selain itu proposal harus diajukan sebelum KUA-PPAS.

“Untuk penganggaran semua harus mengajukan proposal kepada Bupati. Untuk proyek sarana dan prasarana dialokasikan 5 persen. Untuk pencairan langsung ditransfer ke rekening Pemerintah Desa,” katanya.

Dijelaskan, mekanisme penggunakan Bankeu melalui APBDes sehingga Kepala Desa wajib bertanggungjawab. Surat Pertanggung Jawaban(SPJ) Bankeu harus sesuai realisasi di lapangan.

Sekda Samsi menyarankan pengguna bankeudes membelanjakan sesuai tertulis di DPA. Hal itu menentukan sinkronisasi dan persepsi dari BPK atas laporan keuangan daerah secara keseluruhan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge