0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Produksi Padi Wonogiri Tahun Ini Surplus, Ini Penyebabnya

Wonogiri — Secara makro, kondisi ketahanan pangan di Wonogiri tahun 2017 ini, tidak mengalami kendala. Tapi justru dapat dibilang mantap, baik dari aspek pengelolaan kapasitas produksi maupun aspek angka produksi. Bahkan, Pemkab mengklaim produksi sejumlah komoditas pertanian mengalami surplus.

“Tahun ini produksi pangan khusus beras meningkat dibanding tahun lalu sehingga surplus 159.781 ton lebih,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, Safuan, Jumat (27/10).

Menurutnya, peningkatkan produksi pangan di daerah tersebut karena ada lima faktor. Selain ada pembangunan infrastruktur pembenihan juga menguatnya kelembagaan petani maupun tenaga penyuluh serta terciptanya sistem pasar pertanian yang menguntungkan petani.

Bupati Joko Sutopo melalui Sekda Wonogiri Suharno mengungkapkan, ketersediaan energi di daerahnya melebihi AKE (Angka Ketersediaan Energi) yakni 4.232 KKALperkapita perhari dari AKE nasional yang hanya 2. 200 KKAL perkapita perhari atau tercapai 192, 36 persen. Sementara itu ketersediaan protein juga mampu melebihi AKP (angka kecukupan protein) sebesar 118,95 gram perkapita perhari dari AKP nasional sebesar 57 gram perkapita perhari atau naik 208,68 persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge