0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketua MPR Sebut Pancasila Adalah Perilaku

Zulkifli Hasan saat berorasi kebangsaan di UMS (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyebutkan Pancasila adalah perilaku. Perilaku kita, perilaku pemerintah, perilaku undang-undang, perilaku yang berpihak kepada kepentingan bersama, perilaku yang saling menghargai, dan perilaku yang mempersatukan kita.

“Oleh karena itu, Pancasila bukan untuk memisah-misah, membelah-belah atau mengkotak-kotak, apalagi Pancasila adalah perilaku yang mempersatukan, karena Pancasila adalah produk kita yang final. Fakta kita beragam. Karena kita sudara dan sudah sepakat sebangsa setanah air,” tandas Zulkifli kepada wartawan, usai penyampaikan orasi kebangsaan di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (27/10).

Zulkifli mengatakan, karena itulah Pancasila adalah alat mempersatu. Oleh karena itu, kita hentikan mereka yang mendukung Perpu Ormas dianggap Pancasila, yang tidak mendukung dianggap anti Pancasila. “Mari kita jadikan Pancasila sebagai alat pemersatu,” tandas Ketua MPR RI.

Bahwa ada apapun di dunia ini, kata Zulkifli, ada yang radikal satu dua orang atau sekelompok kecil harus kita hadapi. “Tetapi jangan kalau ada orang menjalankan ajaran agamanya dengan baik kemudian dicap macam-macam, itu nanti berbahaya. Oleh karena itu, mari kita kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yaitu Pancasila dalam arti yang sesungguhnya,” tandasnya.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan orasi kebangsaan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 59 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tema yang disampaikan Aktualisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge