0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cukai Plastik Ikut Naik?

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Salah satu tujuan naiknya cukai hasil tembakau, untuk menggenjot penerimaan negara. Per 2018, cukai hasil tembakau atau rokok rata-rata ditetapkan sebesar 10,04 persen.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi mengatakan, selain cukai rokok, pemerintah juga mengkaji pengenaan cukai plastik untuk mendorong penerimaan negara tahun 2018.

“Kita tetap usaha mendorong itu (cukai plastik) terus,” ujar Heru Pambudi di Jakarta, Jumat (27/10).

Selain cukai plastik, pemerintah juga rencananya akan menyasar cukai minuman berpemanis. Melalui rencana tersebut pemerintah ingin menekan penyakit yang diakibatkan oleh minuman tersebut.

“Kita punya wacana yang lainnya seperti bagaimana kita kendalikan atau bagaimana pemerintah bisa kurangi penyakit misalnya obesitas atau gula. Untuk itu kita melihat bahwa salah satu cara mengendalikannya adalah jangan sampai konsumsi zat zat minuman berpemanis itu berlebihan,” jelasnya.

Heru menambahkan sejauh ini pihaknya sedang mengkaji rencana tersebut, diskusi dengan berbagai pihak terus gencar dilakukan.

“Makanya harus kita kendalikan, tapi cara nya mengendalikan harus koordinasi sama semua pihak kita enggak boleh gegabah ya,” tandasnya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge