0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panti Asuhan Ini Dibangun dengan Dana Rp 19 Miliar

Zulkifli Hasan meletakkan batu pertama pembangunan PAKYM (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meletakkan batu pertama pembangunan Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (PAKYM) Solo, di kawasan Purwosari, Solo, Jumat (27/10), disaksikan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Dahlan Rais, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sofyan Anief dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta.

“Panti Asuhan Yatim ini sudah berdiri sejak 60 tahun lalu. Kini kita bangun, kita kembangkan fungsinya lebih banyak. Tidak hanya asrama semata, tetapi bisa dimanfaatkan hal lain,” ungkap Zulkifli Hasan kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Pembangunan, Noor Yasin mengungkapkan, lahan yang akan dibangun seluas 6.250 m2, dan dibagi dalam lima area pembangunan. Masing-masing, Gedung Asrama I dengan kapasitas 140 santri, rumah pengasuh 5 unit dan fasilitas kelengkapannya. Area kedua, untuk Gedung Asrama 2 dengan kapasitas 140 santri dan fasilitas kelengkapannya. Area ketiga, Gedung Aula dan fasilitas kelengkapannya. Area keempat, untuk bangunan Ruko, dan area kelima pembangunan Kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Laweyan.

“Total menghabiskan biaya sebesar Rp 19,035 miliar,” jelasnya.

Dijelaskan, Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (PAKYM) merupakan salah satu amal usaha yang dikelola oleh Majelis PKU-PS Muhammadiyah Cabang Laweyan. PAKYM didirikan sejak jaman Hindia Belanda, tepatnya pada tahun 1930 di Solo, diprakarsai Almarhum KH Muhammad Edris Abdus Salam. Selanjutnya dikuatkan berdasarkan Akte Pendirian Peryarikatan Muhammadiyah sebagai badan Hukum dengan nomor:  81/Byl.1, dan mendapat pengesahan dari Pemerintah dengan Surat Keputusan Menteri Sosial RI No. Sekr: 10-22-27/2895 tanggal 8 Nopember 1955, serta dikuatkan dengan surat persetujuan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majlis PKU No. 014/56 tanggal 5 Januari 1956.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge