0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Arkeolog Cina Temukan Koin Kuno Berusia 800 Tahun Seberat 5 Ton

Penemuan koin kuno Cina. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Dalam sebuah penemuan yang cukup menakjubkan, para arkeolog Cina berhasil mengangkat kurang lebih 300 ribu koin kuno dengan berat total 5 ton. Mata uang kuno itu ditemukan di bawah rumah seorang warga di Wilayah Fuliang, Provinsi Jiangxi, Cina.

Koin itu pertama kalinya ditemukan oleh seorang warga desa Chacun saat dia merenovasi rumahnya. Para arkeolog selesai melakukan pengangkatan koin 22 Oktober 2017, tulis China Daily. Para penduduk desa percaya jika koin itu berusia 1000 tahun. Mereka beranggapan koin itu adalah milik seorang tuan tanah di wilayah itu.

Setelah melakukan penelitian, ternyata koin itu berasal dari Dinasti Song, periode yang berlangsung dari 960 hingga 1279. Menurut perhitungan para arkeolog percaya jika koin itu berusia sekitar 800 tahun. Untuk nilainya, kurator dari Museum Fuliang, Feng Ruqin, koin itu bernilai kecil. Koin itu kemungkinan dikumpulkan oleh sebuah kelompok dan tidak berkaitan dengan seorang tuan tanah seperti yang dipercaya warga.

Feng menambahkan jika koin-koin itu juga bisa menjadi aset dari sebuah bank kecil lokal. Bank itu mengizinkan warga menukar uang untuk emas, perak atau uang kertas. Para polisi dan ahli dari the Ceramics Archaeology Institute dikabarkan berada di lokasi rumah untuk memulai pekerjaan pengangkatan pada 22 Oktober 2017. Sayangnya, diperlukan waktu beberapa tahun untuk para arkeolog untuk membersihkan karat, menimbang dan mengkategorikan. Mereka juga perlu meneliti koin itu secara menyeluruh sebelum merilis informasi apapun.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge