0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wanita Pekerja Penting Mendeteksi Dini Kanker

Sekda Pemkab Karanganyar, Samsi (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak 200 perempuan pekerja dari 42 organisasi perangkat daerah (OPD) di Karanganyar mengikuti sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara di rumah dinas bupati,  Selasa (24/10). Acara ini diprakarsai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bekerjasama dengan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan wanita Indonesia khususnya daerah Karanganyar bebas kanker serta untuk meningkatkan kesadaran wanita tentang gejala sekaligus pecegahan kanker serviks dan payudara,” ujar Sekda Pemkab Karanganyar, Samsi.

Berdasarkan data, lebih dari 15.000 perempuan meninggal dunia akibat kanker. Perhitungannya, satu orang meninggal dunia perjam akibat penyakit itu di lingkup global.

“Deteksi dini ini penting. Terutama bagi wanita yang sibuk dengan pekerjaan sehingga kurang memelihara kesehatannya,” katanya.

Ada beberapa cara untuk mencegah kanker, yaitu dengan menjaga kebersihan, kesehatan dan hidup higienis. Menurut dr Haryono dari RSUD Karanganyar para wanita harus menjaga pola makan yang baik dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah serta menjaga berat badan.

Setelah selesai sosialisasi ini diharapkan para PNS wanita dapat menjelaskan tetang upaya pencegahan kanker serviks dan payudara serta mmberikan kesadaran terhadap wanita-wanita di kabupaten Karanganyar demi terwujudnya katini-kartini Indonesia yang sehat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge