0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polres dan Pemkab Karanganyar Tandatangani MoU Pengawasan Dana Desa

Penandatanganan MoU pengawasan Dana Desa antara Polres dan Pemkab (istimewa)

Karanganyar — Polres Karanganyar bersama Pemkab setempat menandatangani MoU pengawasan Dana Desa. Nantinya, Babinkamtibmas bakal berperan mengawasi pelaksanaan kegiatan bersumber Dana Desa.

”MoU ini sebagai tindaklanjut instruksi Kapolri yang juga melaksanakan MoU terkait Dana Desa,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto usai menandatangani MoU, Kamis (26/10).

Dalam penandatanganan MoU ini, disebut ranah pencegahan penyelewengan dan pengawasan Dana Desa pada pembinaan dan penguatan kapasitas aparatur pemerintah daerah desa dan masyarakat dalam pengelolaannya. Selain itu, pemantapan dan sosialisasi regulasi pengelolaan dana desa serta penguatan dan pengawasannya. Tak kalah penting pada fasilitasi bantuan pengamanan, penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengelolaan Dana Desa dan peraturan data atau informasi Dana Desa.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Karanganyar, Sucahyo mengatakan pengawasan dan pengendalian Dana Desa melibatkan Polri. Hal itu sesuai ranah serupa oleh Kapolri yang disepakati Kemendes dan Kemendagri.

“Dana Desa besarannya luar biasa. Begitu pula pengawasannya. Pengelola Dana Desa jangan terjebak regulasi yang tidak dipahami. Silakan berkonsultasi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge