0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korban Keracunan Sudah Dipulangkan

Guru TK/ PAUD mengalami keracunan massal,akibatnya guru ini harus menjalani rawat inap lantaran mengalami dehidrasi. (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Setelah menjalani perawatan di rumah sakit beberapa hari, 43 guru TK/PAUD yang merupakan pasien korban keracunan masal sudah dipulangkan. Pihak rumah sakit menyatakan jika kondisi mereka sudah pulih dan membaik.

“Tadi pagi hanya tinggal delapan pasien yang masih dirawat di RSUD Soediran Mangun Sumarso, tapi dapat dipastikan Kamis sore ini sudah dipulangkan. Sedangkan pasien di rumah sakit lainnya sudah dipulangkan Rabu (25/10) kemarin,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKK Wonogiri, Suprio Heryanto, Kamis (26/10).

Menurutnya, pembiayaan pasien non BPJS semuanya ditanggung oleh pemilik katering. Hal itu sesuai permintaan dari rapat koordinasi beberapa hari lalu. Hasil pemeriksaan contoh makanan yang dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Semarang, baru diketahui pekan depan.

“Semuanya sudah beres dan tidak ada masalah, namanya juga musibah. Ya biar kedepannya lebih berhati- hati lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Dirut RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Setyorini, menambahkan, semua pasien yang sempat dirawat di RSUD karena keracunan masal kondisinya sudah membaik dan sudah pulang semua.

“Selama perawatan tiga hari ini, tidak ada yang mengalami penyakit serius, sebagian besar karena dehidrasi,” kata dia.

Ditambahkan, kasus keracunan masal kemarin sudah termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga pembiayaan bisa ditanggung pemerintah melalui APBD. Namun, pemilik katering menyanggupi pembayaran pengobatan para pasien yang tidak terkaver program pemerintah tersebut.

“Pemilik kateringnya dua hari datang menjenguk korban dan memberikan bingkisan kepada korban juga saat datang ke rumah sakit,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge