0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eks Napi Teroris Diundang Pemkab, Ada Apa?

Suasana di ruang pertemuan tertutup antara Forkopimda dengan para eks napi terorisme (ist)

Karanganyar — Kesbangpol Karanganyar mengundang sejumlah eks narapidana tindak pidana terorisme di ruang garuda kantor bupati, Kamis (26/10). Usai pertemuan bersifat tertutup itu, para eks napi dan keluarganya diberi bantuan tali asih.

”Ini hanya forum internal,” ungkap Kepala Kesbangpol Karanganyar Agus Cipto Waluyo yang menolak memberikan statemen panjang soal itu.

Ia beralasan tidak ada kekhawatiran apapun terkait dirinya bungkam menanggapi pertanyaan wartawan.

Dalam ruangan itu Kasdim Mayor Mantang berbicara terkait dukungannya ke eks napi teroriosme agar bersemangat kembali membaur di masyarakat. Saat ia menyampaikan, seluruh peserta forum mendengarkan seksama seperti Wakapolres Karanganyar Kompol Dyah Wuryaning Hapsari, Kasi Intel Kejari Subagiyo dan Kepala Kemenag Mustain Ahmad.

“Bagaimana mereka tetap berinteraksi kepada kita, khususnya TNI. Betul-betul ingin mereka kembali percaya diri,” kata Kasdim.

Sedangkan Kepala Kemenag Karanganyar, Mustain Ahmad menugaskan penyuluh agama di daerah tempat tinggal para eks napi untuk mendampinginya.

“Kami mengapresiasi Pemda karena mengambil inisiatif mendampingi mereka (eks napi teroris) kembali ke masyarakat. Jajaran Kemenag welcome sekali. Di masyarakat, penyuluh PNS maupun non PNS bertanggungjawab ikut mendampinginya,” kata Kepala Kemenag Karanganyar, Mustain ahmad kepada wartawan usai penyerahan bantuan tali asih.

Lebih lanjut Mustain mengatakan, pendampingan itu bertujuan pula meluruskan pemahaman mereka tentang keyakinan yang dulunya menyimpang. Termasuk memastikan agar anak-anaknya tidak ikut-ikutan.

“(Anak-anaknya) ada yang sekolah di madrasah dan pesantren agar terus berlanjut. Kita harapkan masyarakat ikut bersama-sama mendampingi dan menerimanya. Mari lihat ke depan, jangan ke belakang,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge