0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

775 Lulusan UNSA Diwisuda, Ini Pesan Pak Rektor

Suasana Wisuda UNSA (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh generasi penerus bangsa yang saat ini sedang tumbuh. Generasi penerus bangsa banyak menyerap berbagai maca ilmu yang diperoleh dari mana saja pendidikan formal, pendidikan informal maupun teknologi informasi komunikasi (TIK) yang semakin maju.

Demikian Rektor Universitas Surakarta (UNSA) Prof Dr Setiono SH MS di depan 775 wisudawan pada acara Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana Universitas Surakarta Periode Tahun 2017, di Solo, Kamis (26/10).

Oleh karena itu, lanjut Setiono, agar suatu bangsa mempunyai karakter yang utama maka generasi penerusnya perlu mendapat arahan dari semua pihak agar mampu mempunyai filter diri yang kuat untuk menyaring berbagai macam informasi yang masuk agar tidak salah arah yang nantinya dapat mempengaruhi karakter suatu bangsa.

“Untuk itu, alumnus UNSA harus menjadi agen perubahan bangsa ini dengan bekerja keras, berpikir cerdas dan berhati ikhlas,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta  Roch Mulyani menyatakan, di dalam mensikapi system kehidupan dan peradaban dunia, kita harus selalu siap mengantisipasi perubahan-perubahan nilai kehidupan. Globalisasi yang membawa perubahan dalam tata kehidupan dan nilai sosial, mengharuskan kita harus menyiapkan dengan baik, agar bangsa kita mampu bertahan serta mengembangkan diri sebagai bangsa yang siap bersaing dengan bangsa lain.

Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, menurut Mulyani, merupakan sarana yang efektif untuk character and nations building, dalam kerangka mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus mempertahankan NKRI. Dengan memberi kemampuan teoritis dan ketrampilan praktis, memberikan kesempatan berpartisipasi untuk pembangunan nasional. “Keduanya memberi kekuatan untuk menangkal semua bentuk ancaman bagi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge