0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Musim Hujan, Ratusan Relawan Apel Kesiapan

Apel Kesiapan Relawan (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS BS) menggelar apel kesiapan relawan menjelang datangnya musim hujan. Apel ini diikutiĀ  ratusan personel gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten dan kota di eks Karesidenan Surakarta.

“Apel ini kita lakukan guna melihat kesiapan relawan di lapangan, baik secara peralatan, kemampuan, maupun logistik yang ada di lapangan,” ungkap Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana, Kamis (26/10).

Dikatakan, Jawa Tengah termasuk kawasan yang rawan terhadap bencana alam. Terutama banjir dan tanah longsor. Kesiapan relawan di lapangan sangat berpengaruh terhadap keselamatan warga serta penanganan dampak yang ditimbulkan pada saat bencana alam.

Sarwa Pramana mengatakan, BPBD Provinsi Jateng mengapresiasi tindakan yang dilakukan BBWSBS dalam mengumpulkan sejumlah komunitas relawan untuk berkoordinasi dalam apel kesiapan tersebut. Dikatakan bahwa apel ini juga digelar secara serentak di beberapa lokasi di Jawa Tengah.

“Tindakan seperti ini tepat. Sebab sudah tidak ada waktu lagi. Mengibgat nanti bulan Desember hingga Januari tingkat hujan sudah tinggi. Jadi persiapan seperti ini penting dan baik dilakukan sekarang. Kita tidak mau kecolongan seperti tahun 2014 lalu,” kata dia.

Kepala BBWSBS, Charisal Akdian Manu mengatakan, BBWSBS mengambil langkah awal dalam mengadakan apel guna memberikan sinyal kepada masyarakat tentang kesiapan BBWSBS dalam tangguh kebencanaan. Dirinya mengatakan secara sumber daya manusia, peralatan dan sistem BBWSBS telah siap untuk dikoordinasi oleh BPBD dalam penanganan kebancanaan.

“Kita ingin menunjukkan bahwa BBWSBS telah siap, baik secara SDM, secara peralatan, dan secara sistem. Kita tinggal menunggu dikoordinasi dan kita siap turun langsung ke wilayah bencana jika memang terjadi,” jelasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge