0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Workshop Pembuatan Film

Workshop pembuatan fillm di Alila Hotel Solo (dok.timlo.net/Rozaq Ilham)

Solo — Ratusan pelajar dan mahasiswa mengikuti workshop pembuatan film, di Alila Hotel, Rabu (25/10). Workshop dengan tema How to Make a Good Film ini merupakan kerjasama Alila Hotel dengan Film Toko Indonesia.

“Dunia perfilman Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan sempat menjadi tuan rumah di negara sendiri pada tahun 1980-an, ketika film Indonesia merajai bioskop-bioskop lokal. Mengalami masa surut di tahun 1990-an. Meski begitu saat ini dunia perfilman Indonesia sudah mulai banyak diproduksi kembali dan tidak hanya menjadi film yang layak ditonton oleh masyarakat Indonesia saja, akan tetapi juga mampu bersaing dibeberapa ajang penghargaan bergengsi diluar negeri.” ungkap salah satu narasumber, Zen Al Ansory, seorang film director.

Dengan kemudahan mengakses informasi serta teknologi digital yang kian canggih, pembuatan film tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Meski begitu, perlu beberapa pertimbangan dalam pembuatan film. Diantaranya adalah pemilihan ilustrasi musik, serta pertimbangan cerita.

“Karenanya tidak seperti workshop lain, sebab kami memasukkan bagaimana cara menulis skenario dan cerita menjadi salah satu materi dalam workshop,” terangnya.

Dalam workshop tersebut, peserta diminta untuk menonton beberapa film yang pernah diprodukai oleh narasumber. Acara screening ini perlu dilakukan guna mengamati dan mencermati permasalahan teknis yang ada dalam pembuatan film.

“Dengan begitu peserta bisa mengerti, atau bila perlu mempertanyakan bagaimana teknis pembuatan film tersebut dilakukan. Serta memancing kreativitas peserta dalam mencermati sebuah film,” lanjutnya.

Workshop ini diakhiri dengan pembuatan film bersama peserta di beberapa spot di Hotel Alila.

Sementara, Alasdair Davidson selaku General Manager Hotel Alila Solo, mengatakan pihaknya memacu insan kreatif untuk lebih bisa mengembangkan bakat dan kemampuannya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa gelaran kreatif anak muda yang pernah diselenggarakan di Alila Hotel.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan kami terhadap dunia perfilman Indonesia, khususnya mewadahi para calon-calon movie maker yang berada di Kota Solo dan sekitarnya tentang bagaimana membuat film yang baik,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge