0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Razia Narkoba, Petugas Rutan Malah Dapatkan Benda Ini

Rutan Kelas 1 A Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mengantisipasi peredaran Narkoba di dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1A Solo, petugas kerap menggelar razia di kamar tahanan warga binaan. Meski selama ini belum mendapatkan Narkoba, akan tetapi dalam razia yang diadakan secara mendadak itu petugas mendapat barang yang tak seharusnya dimiliki penghuni sel.

“Kami rutin menggelar razia dengan waktu yang dirahasiakan. Meski tidak menemukan narkoba, kadang kita menemukan handphone, sikat gigi dengan bagian ujung diruncingkan, korek api, silet dan masih banyak yang lain,” terang Kepala Pengamanan Rutan Solo, Urip Dharma Yoga, Kamis (26/10) siang.

Menurutnya, barang yang seharusnya tidak berada dalam sel tahanan biasanya dikirim oleh para anggota keluarga saat melakukan kunjungan. Rutan Solo pun memperketat pintu masuk dan keluar penjara. Selain itu, semua barang milik pengunjung digeledah sebelum masuk ke rutan.

“Tentu saja, pengamanan kami tingkatkan. Dan dari beberapa kasus ada juga yang nekat mengirimkan barang terlarang itu melalui keluarga yang membesuk,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Narkotika BNNP Jateng AKBP Suprinarto mengatakan, pihaknya masih menemukan narapidana kasus Narkoba yang mengendalikan dari dalam sel mereka. Mengatasi hal tersebut, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak terkait untuk menekan peredaran Narkoba dari dalam sel tahanan.

“Kalau untuk Rutan Solo ini aman. Kami apresiasi dengan langkah rutin melakukan razia. Cara ini terbukti efektif mencegah pengendalian narkoban di dalam penjara,” terangnya mewakili Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge