0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Retak dan Ambles, Jembatan Bibis Tidak Akan Diperbaiki Sebelum Tahun Depan

jembatan bibis (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Meski kondisi jembatan Bibis, Nusukan, Banjarsari cukup mengkhawatirkan, Pemerintah kota (Pemkot) Solo tidak akan memperbaikinya sampai tahun 2018 mendatang. Hal itu terkait dengan mekanisme penganggaran yang harus dilalui.

“Kita usulkan di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun depan,” kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Solo, Joko Supriyanto, Rabu (25/10).

Diakui, kondisi jembatan di Selatan Universitas Tunas Pembangunan itu cukup membahayakan. Selain melengkung, pondasi jembatan sudah ambles hingga 10 cm. Akibatnya, badan jembatan patah. Meski demikian, anggaran baru bisa diusulkan setelah DPU-PR mengetahui kebutuhan biaya perbaikan.

Data terkait kebutuhan biaya, kata dia, sudah dihimpun sejak awal tahun ini. DPU-PR bersama akademisi dari Universitas Sebeas Maret (UNS) menginventarisasi sekaligus mengkaji kondisi jembatan di Solo.

“Dari hasil kajian itu baru bisa kita anggarkan sesuai kebutuhan,” kata dia.

Inventarisasi dan pendataan kondisi jembatan se-Solo sendiri masih terus berlangsung. Awalnya, program tersebut ditujukan untuk mengantisipasi dampak dibukanya tol Solo-Kertosono. Dibukanya jalan tol diperkirakan berdampak kepada meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas di Solo sehingga beban jembatan ikut naik.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge