0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pondasi Ambles, Akses Jembatan Bibis Dibatasi

jembatan bibis (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pondasi jembatan Bibis, kelurahan Nusukan, Banjarsari ambles hingga 10 cm. Meski tak tampak jelas, kondisi tersebut dinilai rawan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Solo.

“Kondisinya juga sudah melengkung dan pondasinya amblas 10 cm,” kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPU-PR Solo, Joko Supriyanto, Rabu (25/10).

Amblesnya pondasi jembatan tersebut, menurutnya dipicu oleh usia jembatan yang sudah cukup tua. Selain itu, beban jembatan penghubung daerah Bibis Baru dan Bibis Wetan itu cukup berat mengingat banyaknya kendaraan yang melintas jembatan itu setiap harinya. Pasalnya, jembatan yang dikenal dengan nama kreteg abang (jembatan merah) itu menjadi akses alternatif bagi beberapa sekolah dan perguruan tinggi di Utara jembatan.

Agar kondisi jembatan tidak semakin parah, kendaraan yang melintas jembatan itu pun dibatasi dengan portal lengkap dengan tulisan peringatan. Kendaraan yang boleh melintas hanya kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil penumpang dengan ketinggian maksimal 2,5 meter.

“Kendaraan berat atau barang tidak boleh lewat,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge