0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usulan UMK Solo Diserahkan kepada Walikota Besok

Solo – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) kota Solo akan segera menindaklanjuti usulan besaran upah minimal kota (UMK) yang telah disepakati oleh dewan pengupah. Hal itu dilakukan, karena penetapan UMK masih memerlukan beberapa tahapan sebelum dilakukan penetapan.

“Rencananya Kamis (26/10) besok akan kita serahkan kepada Walikota. Karena setelah itu masih perlu diteruskan kepada Gubernur untuk ditetapkan,” ujar Kepala Disnakerperin kota Solo, Agus Sutrisno kepada wartawan, Rabu (25/10).

Karena masih bersifat usulan, Agus mengaku belum berani memastikan besaran UMK yang akan ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi. Namun demikian, sesuai regulasi yang ada penghitungan besaran UMK tersebut sudah diatur mekanismenya. Yaitu UMK berjalan ditambah inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jadi kalau UMK 2017 sebesar Rp1.534.985, ya tinggal menambahkan saja dengan besaran inflasi sekarang 3,72 persen ditambah pertumbuhan ekonomi nasional  sebesar 4,99 persen,” jelasnya.

Sementara itu saat disinggung mengenai pengawasan kepada perusahan yang dianggap membandel atau membayar tidak sesuai UMK, pihaknya mengaku masih cukup kesulitan. Pasalnya kewenangan melakukan pengawasan dan penertiban kepada perusahaan sudah bukan menjadi ranah dari Disnakerperin daerah, melainkan Provinsi.

“Kalau ada laporan gitu sebenarnya kita juga bingung. Karena tugas kita hanya melakukan pembinaan bukan penindakan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge