0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Desa Selewengkan Dana Desa, Begini Langkah Kemendes

Kepala Biro Hubungan Kerjasama Antar Lembaga Kemendes PDTT Rismanto (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Polri baru saja menyepakati pengawalan Dana Desa. Nantinya, Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) polisi akan ikut mengawasi penggunaan Dana Desa agar tidak diselewengkan.

“Pengawasan Dana Desa melibatkan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Polri. Jadi, semuanya ikut mengawal mulai dari perencanaan, penggunaan, dan pertanggungjawaban. Makanya Pak Menteri itu berkali-kali selalu menekankan sosialiasi penggunaan Dana Desa,” kata Kepala Biro Hubungan Kerjasama Antar Lembaga Kemendes PDTT Rismanto di Klaten, Rabu (25/10).

Dikatakan, dari total 75.951 desa di Indonesia, ada 69 kasus penyimpangan Dana Desa yang sudah diproses hukum.

Meski secara prosentase jumlah penyimpangannya kecil, namun pengawalan bersama Dana Desa tetap diperlukan.

Selain itu, tahun lalu pihaknya juga menemukan maladministrasi dan penggunaan Dana Desa yang tidak tepat sasaran. Ia mencontohkan, pembangunan kantor desa yang harusnya berasal dari Pemerintah Daerah setempat ternyata justru menggunakan Dana Desa.

”Kasus tahun kemarin, dari 75.951 desa penyimpangan hanya 0,1 persen atau yang dinyatakan bersalah (sidang pengadilan) 69 desa saja. Jadi, kalau ada maladministrasi masih bisa diperbaiki dan didampingi. Tapi kalau sudah menyimpang dan bertentangan dengan hukum ya biar diproses oleh aparat penegak hukum,” papar Rismanto.

Disamping dengan Polri, Kemendes juga telah memiliki Tim Satgas Dana Desa. Tim yang dipimpin mantan pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto ini akan menindaklanjuti semua pengaduan Dana Desa yang masuk melalui layanan call center 1500040.

”Apakah pengaduan itu benar atau tidak. Jika benar ada penyimpangan akan dilakukan verifikasi. Tim juga cek dan ricek melalui inspektorat di daerah,” imbuh Rismanto, usai konferensi pers persiapan peresmian Desapolitan Klaten.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge