0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Univet Gelar Ketoprak, Rektor Jadi Adipati Suropati

Ketoprak di Kampus Univet Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) menggelar seni pertunjukan ketoprak, di Auditorium Univet, Selasa (24/10) malam. Pementasan ketoprak dengan lakon Gregeting Kusuma Bangsa ini sebagian besar diperankan oleh keluarga besar Univet, termasuk para penabuh gamelan (pengrawit).

“Ini sebuah acara yang sangat membanggakan bagi kami, selain untuk melestarikan seni budaya tradisional juga dalam rangka syukuran akreditasi B+ untuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (PBSD) FKIP. Dan sebagian besar pemain dan pengrawit adalah keluarga besar Univet,” kata Rektor Univet, Prof Ali Mursyid, Rabu (25/10).

Gregeting Kusuma Bangsa menceritakan kisah perjuangan Untung Suropati melawan penjajahan Kolonial Belanda, yang mengantarkan dia dari seorang anak rakyat jelata menjadi tumenggung. Dalam gelaran ketoprak kali ini, Rektor Univet juga ikut ambil bagian memerankan Adipati Suropati ayah Untung Suropati.

Dari pantauan di lokasi pertunjukan, nampak ruangan auditorium penuh sesak dengan para penonton, baik mahasiswa, alumni maupun warga sekitar. Hal tersebut membuktikan bahwa seni ketoprak masih diminati masyarakat dan bisa eksis ditengah perkembangan jaman.

“Ini cukup baik bagi Univet karena masih bersedia kembali mengangkat dan melestarikan kesenian tradisional, ketoprak. Kalau bisa bisa diadakan rutin, agar anak cucu kita nanti tidak lupa kalau kita punya kesenian yang disebut ketoprak di negeri ini,” tandas salah satu tokoh seni dan budaya, Bambang hermanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge