0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disengat Kalajengking, Wanita India Meninggal Dunia

Kalajengking merah. (dok: timlo.net/dailymail. )

Timlo.net—Seorang wanita India meninggal setelah disengat seekor kalajengking. Wanita yang tidak disebutkan namanya, 54, disengat pada tangan kirinya oleh Kalajengking Merah India setelah bangun tidur. Wanita itu berasal dari Warangal, 144 km dari Hyderabad, India. Dia segera dilarikan ke rumah sakit dan diberikan serangkaian obat untuk melawan efek sampingnya. Tapi delapan jam kemudian, racun yang mematikan dari serangga itu memicu stroke yang mengancam nyawa.

Walaupun sudah berusaha memompa jantungnya, tapi para dokter tidak berhasil menolong nyawanya. Dia meninggal karena gagal jantung. Para dokter memperingatkan tentang potensi stroke pada pasien yang disengat kalanjengking.

“Gigitan kalajengking yang memicu infark iskemik jarang,” tulis tim dokter yang merawat sang pasien di Aditya Hospital dalam jurnal BMJ Case Reports dilansir dari Daily Mail.

Kalajengking Merah dianggap sebagai salah satu kalajengking paling mematikan di dunia. Panjangnya bisa mencapai 6 cm. Para dokter berkata sengatan kalajengking itu membunuh 22 persen pasien. Tiga jam setelah masuk ke rumah sakit, sang wanita mengalami tachycardia (detak jantung yang cepat) dan tekanan darah rendah (hypotension). Hasil electrocardiogram menunjukkan enzim CK MB dalam jumlah besar dalam darahnya. Hal ini menunjukkan serangan jantung. Para dokter berhasil mengendalikan gejala-gejala ini. Tapi mereka cemas saat gejala-gejalanya memburuk delapan jam kemudian.

Racun itu menyebabkan bagian kanan tubuhnya lumpuh dan dia kesulitan berbicara. Dua hal ini adalah gejala stroke. Sebuah scan MRI menunjukkan jika wanita itu menderita stroke iskaemik. Sebuah penggumpalan yang memblokir aliran oksigen dan darah ke otak.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge