0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Modus Bobol Skimming, Polisi Pelototi ATM

Petugas Polres Klaten mengecek mesin ATM untuk menghindari modus pembobolan (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Satuan Sabhara Polres Klaten menggiatkan patroli ke lokasi- lokasi anjungan tunai mandiri (ATM). Langkah tersebut sebagai antisipasi pembobolan kartu ATM oleh pelaku kejahatan.

“Kami menyisir setiap ATM yang berada di pinggir jalan atau yang ada di toko-toko modern. Pengecekan untuk mencari ada atau tidaknya keganjilan di mesin ATM,” kata Kasat Sabhara Polres Klaten, AKP Damin, Rabu (25/10).

Diterangkan, patroli ke lokasi- lokasi mesin ATM tersebut digelar setiap hari, baik siang ataupun malam. Pihaknya akan mengecek kondisi mesin ATM agar terhindar dari teknik pembobolan menggunakan alat skimmer.

Adapun metode skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM atau debit secara ilegal. Akibatnya, pelaku memiliki kendali atas rekening nasabah.

“Modusnya memasang alat kecil (skimmer) di lubang masuk kartu mesin ATM. Kami mengimbau kepada petugas keamanan atau toko untuk memantau orang yang masuk ke ATM. Karena kebiasaan orang masuk ke ATM membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit. Kalau sampai lama petugas harus mengeceknya,” beber AKP Damin

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge