0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumah Penduduk Tambah, Jumlah Kursi Dewan Juga Tambah

Wonogiri — Jumlah kursi panas dewan pada Pileg 2019 mendatang bakal bertambah. Imbasnya, Wonogiri bersama dua kabupaten lain bergabung di Daerah Pemilihan (Dapil).

“Jumlah kursi DPRD yang diperebutkan pada Pileg 2019 bakal bertambah. Tidak hanya kursi DPRD Kabupaten Wonogiri, pun kursi DPRD Provinsi Jateng akan meningkat,” terang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Bambang Tetuko, Selasa (24/10).

Menurut dia, jatah kursi DPRD Kabupaten Wonogiri yang semula 45, meningkat menjadi 50. Sedangkan kursi DPRD Provinsi Jateng semula 100 menjadi 120 buah.

“Sesuai peraturan, maka kabupaten yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa, kuota kursi DPRD kabupaten/kota adalah 50. Untuk provinsi yang memiliki jumlah penduduk di atas 20 juta maka kursi DPRD provinsi adalah 120, ” ungkapnya.

Masih lanjut dia, jumlah penduduk Wonogiri berdasarkan data agregat kependudukan kecamatan (DAK2) saat ini mencapai 1.081.041 jiwa. Sementara jumlah penduduk di Provinsi Jateng lebih dari 20 juta jiwa.

Penambahan jumlah kursi itu membawa imbas lain bagi Wonogiri. Khusus untuk DPRD Jateng, selama ini Wonogiri tergabung dalam Dapil 4 bersama Sragen dan Karanganyar. Nantinya ketiga daerah tergabung menjadi Dapil 6. Sementara, di Wonogiri masih tetap terbagi dalam lima dapil.

“Jateng bertambah jumlah dapilnya. Kemudian untuk Solo, Sukoharjo, Klaten, kemungkinan tergabung di Dapil 7, lalu Boyolali tergantung dengan Kota dan Kabupaten Magelang, ” bebernya.

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir menambahkan, pemilu serentak sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, digelar tanggal 17 April 2019. Meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota DPD, DPRD kabupaten, DPRD provinsi, dan DPR RI. Sedang, Pembentukan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan lainnya akan dilakukan pada 9 Januari hingga 8 Maret.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge