0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disnakerperin: Perusahaan Akan Kita Tagih Soal Struktur dan Skala Upah

Kepala Disnakerperin Kota Solo, Agus Sutrisno (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kebijakan pemerintah yang mengatur soal struktur dan skala pengupahan belum semuanya dipenuhi oleh perusahan di kota Solo. Padahal, dalam regulasi yang tertuang dalam Permenaker Nomor 1 Tahun 2017 tersebut batas terakhir pembuatan dan penyusunan struktur dan skala upah yaitu 23 Oktober 2017.

“Upaya sosialisasi sebenarnya sudah massif kita lakukan. Bahkan kemarin kita sudah mengingatkan juga saat pertemuan dengan forum HR Soloraya,” ujar Kepala Disnakerperin Kota Solo, Agus Sutrisno kepada wartawan, Selasa (24/10).

Kendati upaya sosialisasi sudah sering dilakukan, namun ia mengatakan hingga saat ini belum terlalu banyak perusahaan melaporkan. Bahkan dari data yang tercatat, dari sekitar 909 perusahaan yang terdaftar di Solo, baru satu perusahaan yang melaporkan kepada Disnakerperin.

“Tentu secepatnya kita akan tagih, karena saat pertemuan terakhir itu mereka mengaku sudah banyak yang membuat struktur dan skala pengupahan tersebut. Hanya saja memang untuk struktur dan skala pengupahan yang dilakukan sifatnya masih sederhana, yaitu gaji terendah, tertinggi dan golongan ,” jelasnya.

Sementara itu saat disingung mengenai sanksi yang diberikan bagi perusahaan yang bandel, Agus menyampaikan sesuai regulasi yang ada sanksinya bertahap, mulai dari teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha hingga penghentian usaha.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge