0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengen Jadi Wirausaha? Sektor Ini yang Menjanjikan

Anggota Komisi VI DPR-RI, Endang Srikarti Handayani saat mebuka kegiatan Pemasyarakat Kewirausahaan Nasional Tahun 2017 di Pendapa Kelurahan Sumber Banyuanyar Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Ketertarikan masyarakat untuk menjadi seorang wirausahawan masih sangat minim dibandingkan melamar pekerjaan. Padahal pangsa yang ditawarkan dalam berwirausaha sangatlah menjanjikan dibandingkan pekerja dengan gaji bulanan.

“Bisa dilihat dari lowongan CPNS yang dibuka pemerintah, tingginya animo masyarakat untuk mendaftar kesana lebih besar dibandingkan mereka yang ingin berwirausaha,” terang Anggota Komisi VI DPR-RI, Endang Srikarti Handayani, Selasa (24/10) siang.

Padahal, pemerintah saat ini memberikan perhatian lebih kepada para wirausahawan yang serius dalam membuka usaha. Terbukti dari besaran anggaran yang digelontorkan melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Akan tetapi, masyarakat masih enggan untuk mendapatkan dana tersebut dengan cara pengajuan proposal terkait bidang usaha yang akan mereka geluti.

“Dana yang ada di Kementerian Koperasi ini sangat besar. Bahkan, cenderung penyerapannya kurang. Ada dua factor, pertama memang masyarakat masih bingung untuk berwirausaha dibidang apa. Dan kedua, memang masyarakat tidak tahu bagaimana cara untuk mendapatkan dana bantuan dari pemerintah tersebut,” terang politisi Partai Golkar tersebut.

Disinggung wirausaha yang saat ini sangat menjanjikan, Endang mengaku bisnis sector pariwisata sangat menjanjikan. Pasalnya, saat ini tren masyarkaat untuk bepergian dari satu kawasan ke kawasan lain untuk berlibur sangatlah besar. Disisi lain, kuliner juga menjadi salah satu alternatif yang mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

“Sektor pariwisata ini sangat menjanjikan, entah itu souvenir, pakian khas hingga kuliner. Jika dikelola dengan baik, tentu akan sangat menghasilkan dan mendatangkan pundi uang,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge