0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Krisis Blankot KTP-El, Solo Prioritaskan Pemegang KTP Pemula

E-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Solo —  Kota Solo defisit blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Saat ini kebutuhan blangko KTP-El di Kota Bengawan mencapai 26 ribu keping. Sebagian besar merupakan kebutuhan untuk print ready record atau data siap cetak yang belum tercetak karena kehabisan blangko.

“Ada 16 ribu print ready record yang belum tercetak,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Suwarta, Selasa (24/10).

Selain kebutuhan blangko untuk Print Ready Record, blangko juga dibutuhkan untuk warga pemula yang sudah melakukan rekam data. Selebihnya, dialokasikan penggantian KTP-El rusak maupun pelayanan cadangan.

“Total kebutuhan kita sekitar 26 ribu keping,” kata dia.

Terakhir blankgo KTP-El diterima Dispendukcapil dari Kementerian Dalam Negeri sebanyak 8 ribu keping bulan Juli lalu. Mengingat tingginya permintaan pelayanan KTP-El, ribuan keping tersebut kini kian menipis.

“Bulan ini kita dapat kiriman lagi,” kata dia.

Suwarta menambahkan pelayanan cetak KTP-El kini menjadi sangat penting mengingat pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah yang kian dekat. Tersendatnya layanan KTP-El dikhawatirkan dapat menghambat kelancaran pesta demokrasi tingkat provinsi itu di tahun 2018 mendatang.

“Makanya kita prioritaskan yang pemula supaya tahun depan mereka bisa memilih,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge