0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tuntutan Barisan Anti Angkutan Ilegal Soloraya

Perwakilan Bantai Soloraya audiensi dengan Wawali Solo Achmad Purnomo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Sebanyak 30 orang perwakilan dari pengusaha dan pengemudi taksi, serta pengemudi ojek pangkalan dan angkutan kota menggeruduk Balai Kota Solo, Selasa (24/10). Kedatangan mereka bermaksud hendak menggelar audiensi dengan Walikota, terkait dengan Revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26 Tahun 2017.

“Kami mengharapkan bantuan dari pemerintah kota, yakni Pak Wali (Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo) untuk membawa aspirasi kami untuk disampaikan kepada Gubernur (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo,” ungkap perwakilan pengemudi yang tergabung dalam Barisan Anti Angkutan Ilegal (Bantai) Soloraya, Pramono.

Dikatakan, dalam revisi Permenhub 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, terdapat sejumlah aspek yang berkaitan dengan kewenangan kepala daerah, seperti penetapan tarif, wilayah operasi, dan kuota. Bantai Soloraya meminta kepada Gubernur untuk memberikan kuota kepada Kota Solo sebesar nol persen.

“Kami minta kuota di Kota Solo sebesar 0 persen. Alias tidak diberikan kuota,” tegas Pramono.

Bantai Soloraya juga mengutarakan keinginannya untuk melaksanakan unjukrasa pada 30 Oktober mendatang. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari solidaritas seluruh pengemudi taksi di Jawa Tengah. Aksi massa tersebut rencananya akan dihadiri lebih dari 600 orang.

Sementara Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo saat menemui perwakilan Bantai Soloraya mengatakan, dirinya akan berupaya menyampaikan aspirasi ini kepada Gubernur. Disebutkan, saat ini Walikota Solo sedang tidak berada di tempat, lantaran melakukan perjalanan dinas ke Sorong, Papua.

“Akan kita sampaikan. Meski begitu saya imbau untuk rekan-rekan pengemudi taksi untuk menimbang ulang untung dan ruginya menggelar aksi massa. Namun jika memang sudah ditimbang betul dan tetap akan melakukan unjuk rasa, ya monggo saja. Ini bagian dari demokrasi,” kata Wawali Achmad Purnomo.

Audiensi diadakan di Ruang Rapat Wali Kota, kompleks Balai Kota Solo, dengan ditemui Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Hari Prihatno, Kasatlantas Polresta Solo Kompol Imam Safi’i.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge