0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Ini, Perppu Ormas Diputus di DPR, Fahri: Jangan Ada yang WO

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No 2 Tahun 2017 tentang Ormas akan diputuskan dalam rapat paripurna DPR, hari ini. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah berharap tak ada fraksi partai yang walk out dari ruang rapat setelah menyampaikan pandangan.

“Kita berharap saja nanti semua pandangan disampaikan dulu sehabis itu kalau bisa tidak ada WO, bisa kita sepakati secara baik, enggak akan ada masalah yang rumit lah,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10).

Secara pribadi, Fahri mengaku menolak keluarnya Perppu Ormas. Sebab, dia tidak ingin negara diberikan kewenangan sepihak untuk mengatur kebebasan berserikat dan berkumpul warga negara.

“Saya tentu pasti menolak karena saya sampai kapanpun tidak akan membiarkan negara mengambil keputusan sepihak terkait kebebasan orang berserikat berkumpul dan menyatakan pendapat,” tegasnya.

Fahri mengusulkan agar mekanisme pengaturan Ormas diatur lewat UU Ormas lama. Dalam UU Ormas lama, pemerintah berkewajiban untuk membina Ormas yang dianggap bertentangan dengan Pancasila.

“Saya setuju dengan UU Ormas yang lama yang memang dibuat juga pada masa demokrasi. Sehingga kalau ada peristiwa yang dianggap akan merugikan publik itu mekanismenya adalah pemerintah sebagai pembina mengundang lalu kemudian menegur kalau sudah menegur, baru dia boleh membubarkan,” ucapnya.

“Itu dengan cara menuntut pembubaran di persidangan bukan kemudian punya palu godam sakti yang setiap hari ingin matiin orang, itu enggak boleh itu secara itu demokratis,” imbuhnya. [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge