0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Sarang Burung Walet Melambung

Sarang burung walet (merdeka.com)

Timlo.net – Harga sarang burung walet di sejumlah daerah mengalami kenaikan. Di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, harga komoditi tersebut bisa sampai Rp 26 juta per kilogram.

“Saat ini harga sarang walet di Pangkalpinang cukup tinggi yakni Rp 26 juta per kilogram, sehingga memberikan keuntungan besar bagi para pengusaha sarang walet,” kata penjual sarang burung walet Sri Uniarti, Senin (23/10).

Harga sarang walet tersebut adalah sarang walet yang sudah dalam keadaan bersih dan melalui proses higienis.

Kenaikan harga terjadi sejak enam bulan terakhir dan diprediksi akan terus naik, sehingga pelaku usaha semakin bersemangat untuk kembali terjun membudidayakan sarang burung walet.

“Empat tahun lalu harga sarang burung walet sempat anjlok yakni hanya sekitar Rp 8 juta per kilogram. Saat ini permintaan sarang burung walet dari luar negeri sangat tinggi, sehingga harga jual terus naik,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, berbagai manfaat sarang walet bagi pengkonsumsinya di antaranya untuk menjadi kuliner, kosmetik, dan obat.

“Untuk mendapatkan bahan baku, kami sudah ada kerja sama dengan pengepul. Pembeli nanti rutin datang membeli sarang walet kepada kami, selanjutnya dijual di dalam negeri. Kabarnya sebagian besar juga diekspor, tapi saya tidak tahu persisnya karena kami tidak mengurusi itu,” jelas dia.

Dia membenarkan, saat ini permintaan sarang walet cukup tinggi.

“Calon pembeli akan kesulitan mendapatkan sarang walet jika tidak menjalin kerja sama karena saat ini permintaan sarang walet sangat tinggi,” ujarnya.

Tingginya permintaan, menunjukkan peluang usaha budi daya sarang burung walet masih sangat menjanjikan.

“Tidak berlebihan jika kini makin banyak masyarakat yang membangun tempat penangkaran sarang burung walet,” kata dia.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge