0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ravik Beberkan Prestasi UNS

(foto: Tyo Eka)

Solo – Walaupun Universitas Sebelas Maret (UNS) baru berusia 41 tahun, namun UNS tidak lagi dipandang sebagai universitas kemarin sore. UNS saat ini sudah disejajarkan dengan perguruan tinggi ternama di negeri ini.

“Untuk melegitimasi kesejajaran itu, saya sampaikan beberapa prestasi yang telah diraih UNS,” ungkap Rektor UNS Prof Dr. Ravik Karsidi, MS di depan 1.802 wisudawan, di Auditorium UNS, Kampus UNS Kentingan Solo, Sabtu (21/10).

Misalnya, lanjut Rektor UNS, akreditasi institusi UNS dari BAN PT bernilai A dengan nilai tinggi peringkat ke tiga setelah UGM dan IPB. UNS berdasarkan pemeringkatan Kementerian Ristek Dikti diklarifikasikan sebagai perguruan tinggi cluster pertama bersama sebelas perguruan tinggi lain yang terkemuka di Indonesia.

Dalam pemeringkatan oleh lembaga pemeringkatan internasional seperti 4ICU, menurut Ravik, telah menempatkan UNS pada peringkat ke-5 sebagai perguruan tinggi top dan terbaik di Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan Webometric, UNS termasuk 10 besar kampus yang terkenal di Indonesia dari 4 (empat) ribuan kampus yang ada.

Dalam pemeringkatan QS Asia University Rankings, UNS termasuk 17 kampus Indonesia yang masuk peringkat terbaik Asia.

Lebih lanjut Ravik mengemukakan, dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2017 lalu, UNS nerupakan universitas favorit yang paling banyak dipilih oleh para calon mahasiswa di Indonesia, karena berada di peringkat ke-4 setelah UNPAD, UI, UB dan UNS, dan baru peringkat kelima adalah UGM dan seterusnya.

“Sehingga dari tahun ke tahun tingkat persaingan untuk masuk dan kuliah di UNS semakin ketat,” ujarnya.

Fakta-fakta prestasi UNS, menurut Rektor UNS, harus dipahami bahwa UNS sudah merupakan universitas yang terpandang di Indonesia.

“Sehingga, dalam konteks itulah saudara-saudara harus membawa rasa bangga sebagai alumni UNS untuk berani bersaing dengan lulusan dari unversitas lain yang ternama di Indonesia. Banggalah jadi alumni UNS. Tunjukkan bahwa kalian bisa,” tandas Ravik.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge