0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Durasi Plank Supaya Perut Ramping Terungkap

Plank. (Dok: Timlo.net/fitmw.com)

Timlo.net—Beberapa penelitian mengungkap jika gerakan yang paling efektif membentuk perut ramping adalah plank. Pertanyaannya berapa lama Anda harus melakukan plank untuk memperoleh hasil yang maksimal? Para ahli menjawab pertanyaan ini.

Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan tiga set plank, masing-masing selama 60 detik, ujar Doug Sklar, seorang pelatih profesional tersertifikasi dan pendiri PhilantroFIT di Kota New York, Amerika Serikat (AS).  Tapi jika Anda baru belajar melakukan plank, jangan lukai diri sendiri dengan memaksakan diri. “Tidak apa-apa memulai melakukannya dalam waktu yang lebih singkat dan bertahap hingga mencapai 60 detik,” kata Doug kepada Women’s Health.

“Memaksakan diri melakukan plank hingga waktu yang lama bisa melukai punggung bawah Anda. Saat rasa lelah muncul, punggung bawah mungkin mulai melengkung. Saat itulah Anda bisa mengalami resiko cidera,” terangnya.

Jika melakukan plank satu menit terlalu susah, cobalah lakukan selama 10 detik. Lalu istirahat selama 5 hingga 10 detik. Ulangi lagi plank selama 10 detik. Ulangi hal ini tiga hingga enam kali. Melakukan plank dalam waktu singkat masih bermanfaat untuk perut kita. “Anda menerima manfaat menguatkan yang sangat serupa dengan saat Anda melakukan plank selama 30 hingga 60 detik tanpa berhenti,” kata Doug.

Bagaimana jika melakukan plank selama semenit adalah hal yang mudah? Jika demikian Albert Matheny, R.D., C.S.C.S. Pendiri SoHo Strenght Lab dan penasehat di Promix Nutrition menyarankan hal ini. Tingkatkan kesulitan pada gerakan ini dengan mengencangkan perut juga paha.

Selain durasi, bentuk gerakan juga penting. Oleh karena itu Anda seharusnya hanya melakukan plank selama bentuk gerakannya benar. “Menjaga bentuk yang sempurna adalah tujuannya—hanya lakukan itu selama Anda bisa menjaga bentuknya,” ujar Albert.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge