0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bhabinkamtibmas Diminta Ikut Pelototi Dana Desa

Pemasangan spanduk tentang transparansi penggunaan dana desa disejumlah desa di Wonogiri (ist)

Wonogiri — Polres Wonogiri meminta jajarannya untuk ikut serta memantau dan mengawasi penggunaan dana desa di wilayah masing- masing. Instruksi tersebut diberikan setelah adanya MoU antara Kapolri, Mendagri dan Kemendes PDTT beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan tindaklanjut dari instruksi dari Pak Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, dimana seluruh Kapolsek dan jajarannya, khususnya melalui bhabinkamtibmas untuk memantau dan mengawasi sistem penyaluran serta penggunaan dana desa,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora, Jumat(20/10).

Kapolres menegaskan,pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa disepakati secara tunggal. Yaitu kapolsek dengan bhabinkamtibmas harus serius dalam pemantauan dan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan dana desa tak bisa dipandang sebelah mata.

“Jika ada anggota Polri yang ikut bermain dalam penyelewengan dana desa, Kapolri melaui Kapolda Jateng akan menjatuhkan hukuman yang berat. Apalagi petugas ikut terlibat dalam bagi-bagi dana desa tersebut maka akan kita minta uangnya dan kita copot jabatannya,” tegas Kapolres.

Dari hasil pemantauan penyaluran dana desa di wilayah masing- masing,untuk segera dilaporkan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar pemerintah desa untuk lebih mengedapankan transparansi dalam penggunaan dana desa.

“Ketika dana desa sudah tersalurkan,maka pemerintah desa bersama Babinkabtibmas harus berani bertindak memasang spanduk berisikan realisasi penggunaan dana desa dengan maksud masyarakat pun bisa melihat serta mengetahui secara jelas peruntukannya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge