0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Cara Usir Kejenuhan Nunggu Urus SIM

Pemohon SIM membaca buku di perpustakaan kantor Satpas Polres Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Satlantas Polres Karanganyar menambah fasilitas di gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM berupa koleksi bacaan. Berbagai buku bacaan itu dapat dipinjam pemohon SIM sambil menunggu namanya dipanggil. 

“Biar tidak jenuh menunggu. Sebab proses pembuatan SIM butuh waktu,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Ahdi Rizaliansyah kepada wartawan, Rabu (18/10).    

Sejak perpustakaan SIM Polres Karanganyar resmi dibuka untuk umum pada Selasa (17/10), sarana ini menjadi satu-satunya hiburan pemohon SIM di kantor itu. Sebelumnya, mereka tak melakukan apa pun selain menunggu namanya dipanggil. Saking banyaknya pemohon, mereka sampai berebut kursi di ruang tunggu. 

“Memang masih banyak yang perlu dibenahi demi membuat masyarakat lebih nyaman. Salah satunya, kita sediakan buku-buku bacaan supaya mengurangi rasa bosan. Boleh dipinjam asalkan tidak dibawa pulang, kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Ahdi Rizaliansyah di hadapan para pengantre SIM. 

Ia menjelaskan, terdapat 130 buku bacaan di rak perpustakaan sim. Namun, porsi buku tentang lalu lintas lebih banyak. Maksudnya, untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya aman berkendara di jalan raya melalui literatur terekomendasi. Ahdi juga menyerap aspirasi masyarakat dalam kesempatan itu. Tak sedikit yang mengeluhkan kondisi ruangan cukup panas dan sumpek serta sistem antrean kurang bagus. 

“Sebenarnya sudah ada mesin antrean dengan tiket, namun saat ini masih diperbaiki. Sedangkan AC-nya akan diperbesar kapasitasnya sampai 2 PK di barat dan timur,” katanya. 

Ahdi akan memperbanyak lagi koleksi buku bacaan dari jenis majalah dan non fiksi. Selain itu, ia mempersilakan pengantre mengakses internet melalui free hotspot wi-fi di ruangan itu. 

“Silakan mengisi saran atau masukan di kotak tersedia. Kami akan berusaha maksimal menindaklanjutinya,” ucap Ahdi. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge