0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2018, Mastercard Hilangkan Tanda Tangan

Mastercard. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Setiap kali orang membeli dengan kartu kredit, mereka harus menandatangani bukti pembayaran untuk mengesahkan pembelian. Selain itu, tanda tangan juga berfungsi untuk membuktikan identitas orang tersebut sebagai pemilik kartu kredit yang sah. Akan tetapi hal ini akan segera berubah. Mastercard akan menghilangkan langkah ini.

Mereka mengumumkan jika mulai April 2018, para pengguna Amerika Serikat (AS) dan Kanada tidak perlu lagi menandatangani bukti pembayaran untuk pembelian dengan kartu kredit dan debit. Linda Kirkpatrick, Executive Vice President Mastercard berkata, “Jaringan aman dan sistem state-of-the-art kami menggabungkan metode pembayaran digital baru yang meliputi chip, tokenisasi, biometrik, dan platform digital khusus menggunakan metode yang lebih baru dan lebih aman untuk membuktikan identitas.”

Ubergizmo memberitakan jika ada banyak tempat di dunia yang tidak lagi mengharuskan orang menandatangani bukti pembayaran untuk pembelian dengan kartu debit atau kredit. Mereka menggunakan pembayaran yang mengharuskan pembeli memasukkan PIN sebagai pengganti tanda tangan. Hal ini berlaku untuk pembelian kecil dan besar. PIN dianggap lebih aman dibandingkan tanda tangan yang mudah dipalsukan. Selain itu kasir juga tidak repot memeriksa tanda tangan untuk memastikan keasliannya. Penghilangan tanda tangan diharapkan membuat pembelian menggunakan platform seperti Apple Pay bisa lebih cepat. Tapi ada beberapa situasi khusus di mana pembelian tetap harus disahkan dengan tanda tangan. Misalnya di AS, pembelian di atas $50 tetap perlu disahkan dengan tanda tangan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge