0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Si Apik Bantu Kelola Keuangan UMKM

Solo – Bank Indonesia mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk dapat meningkatkan tata kelola laporan keuangan. Salah satu bentuk dorongan yang dilakukan itu adalah dengan menyediakan aplikasi pencatatan informasi keuangan (Apik) yang dapat diakses melalui Android.

“Dengan adanya sistem aplikasi ini para pelaku UMKM bisa dengan mudah dalam melakukan tata kelola keuangan usahanya. Dan untuk mendapatkannya tinggal mengunduh melalui Google Playstore,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Kamis (19/10).

Tidak hanya memudahkan monitoring dan evaluasi usaha, menurut Bandoe dengan adanya si Apik ini juga dapat mendorong pelaku usaha bisa semakin mudah mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan. Karena dengan laporan keuangan yang jelas, pihak perbankan bisa mengetahui kemampuan keuangan dari pelaku UMKM tersebut.

“Selama ini banyak para pelaku UMKM yang belum profesional mengelola laporan keuangan. Bahkan tak jarang antara uang pribadi dan usaha masih tercampur. Oleh karena itu, kondisi tersebut menyulitkan para perbankan untuk bisa memberikan akses permodalan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan akses pasar para pelaku UMKM di wilayah Soloraya, pihaknya juga berharap para pelaku UMKM bisa meninggalkan metode konvensional. Yaitu dengan ikut memanfaatkan layanan daring atau online marketplace.

“Karena yang namanya teknologi tidak bisa dilawan. Kalau ingin berkembang ya harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge